Sabtu, 12 Januari 2013

Pangeran Diponegoro

Diponegoro: Pangeran Santri Penegak Syariat

Illustrasi Penangkapan Diponegoro
Sebagai seorang yang berjiwa Islam, ia sangat rajin dan taqwa sekali hingga mendekati keterlaluan” (Louw dalam De Java Oorlog Van 1825 – 1830)
 Pangeran Diponegoro lahir pada 1785. Ia putra tertua dari Sultan Hamengkubuwono III (1811 – 1814). Ibunya, Raden Ayu Mangkarawati, keturunan Kyai Agung Prampelan, ulama yang sangat disegani di masa Panembahan Senapati mendirikan kerajaan Mataram. Bila ditarik lebih jauh lagi, silsilahnya sampai pada Sunan Ampel Denta, seorang wali Sanga dari Jawa Timur.  Dalam bukunya, Dakwah Dinasti Mataram, Dalam Perang Dipnegoro, Kyai Mojo dan Perang Sabil Sentot Ali Basah, Heru Basuki menhyebutkan, bahwa saat masih kanak-kanak, Diponegoro diramal oleh buyutnya, Sultan Hamengkubuwono I, bahwa ia akan menjadi pahlawan besar yang merusak orang kafir. Heru Basuki mengutip cerita itu dari Louw, P.J.F – S Hage – M nijhoff, Eerstee Deel Tweede deel 1897, Derde deel 1904, De Java Oorlog Van 1825 – 1830 door, hal. 89.
Suasana kraton yang penuh intrik dan kemerosotan moral akibat pengaruh Belanda, tidak kondusif untuk pendidikan dan akhlak Diponegoro kecil yang bernama Pangeran Ontowiryo. Karena itu, sang Ibu mengirimnya ke Tegalrejo untuk diasuh neneknya,  Ratu Ageng di lingkungan pesantren. Sejak kecil, Ontowiryo terbiasa bergaul dengan para petani di sekitarnya, menanam dan menuai padi. Selain itu ia juga kerap berkumpul dengan para santri di pesantren Tegalrejo, menyamar sebagai orang biasa dengan berpakaian wulung.
Bupati Cakranegara yang menulis Babad Purworejo bersama Pangeran Diponegoro pernah belajar kepada Kyai Taftayani, salah seorang keturunan dari keluarga asal Sumatera Barat, yang bermukim di dekat Tegalrejo. Menurut laporan residen Belanda pada tahun 1805, Taftayani mampu memberikan pengajaran dalam bahasa Jawa dan pernah mengirimkan anak-anaknya ke Surakarta, pusat pendidikan agama pada waktu itu. Di Surakarta, Taftayani menerjemahkan kitab fiqih Sirat AlMustaqim karya Nuruddin Ar Raniri ke dalam bahasa Jawa. Ini mengindikasikan, Diponegoro belajar Islam dengan serius. (Dr. Kareel A. Steenbrink, 1984, Beberapa Aspek Tentang Islam di Indonesia Abad ke 19, Penerbit Bulan Bintang Jakarta hal. 29).
Dalam Babad Cakranegara disebutkan, adalah Diponegoro sendiri yang menolak gelar putra mahkota dan merelakan untuk adiknya R.M Ambyah. Latar belakangnya,  untuk menjadi Raja yang mengangkat adalah orang Belanda. Diponegoro  tidak ingin dimasukkan kepada golongan orang-orang murtad. Ini merupakan hasil tafakkurnya di Parangkusuma. Dikutip dalam buku Dakwah Dinasti Mataram:  “Rakhmanudin dan kau Akhmad, jadilah saksi saya, kalau-kalau saya lupa, ingatkan padaku, bahwa saya bertekad tak mau dijadikan pangeran mahkota, walaupun seterusnya akan diangkat jadi raja, seperti ayah atau nenenda. Saya sendiri tidak ingin. Saya bertaubat kepada Tuhan Yang Maha Besar, berapa lamanya hidup di dunia, tak urung menanggung dosa (Babad Diponegoro, jilid 1 hal. 39-40).

Perang besar
Dalam bukunya, Beberapa Aspek Tentang Islam di Indonesia Abad ke 19,. Kareel A. Steenbrink, mencatat, sebagian besar sejarawan menurut Steenbrink meyepakati bahwa perang Dipnegoro lebih bersifat perang anti kolonial. Beberapa sebab itu antara lain: 1. Wilayah kraton yang menyempit akibat diambil alih Belanda, 2. Pemberian kesempatan kepada orang Tionghoa untuk menarik pajak, 3. Kekurang adilan di masyarakat Jawa 4. Aneka intrik di istana, 5. Praktek sewa perkebunan secara besar-besaran kepada orang Belanda, yang menyebabkan pengaruh Belanda makin membesar, 6. Kerja paksa bukan hanya untuk kepentingan orang Yogyakarta saja tetapi juga untuk kepentingan Belanda.
Namun menurut Louw, sebab-sebab sosial ekonomis tadi dilandasi oleh alasan yang lebih filosofis yaitu jihad fi sabilillah. Hal ini diakui oleh Louw dalam De Java Oorlog Van 1825-1830, seperti dikutip Heru Basuki:  Tujuan utama dari pemberontakan tetap tak berubah, pembebasan negeri Yogyakarta dari kekuasaan Barat dan pembersihan agama daripada noda-noda yang disebabkan oleh pengaruh orang-orang Barat.”
Hal ini tampak dari ucapan Pangeran Diponegoro kepada Jendral De Kock pada saat penangkapannya. “Namaningsun Kangjeng Sultan Ngabdulkamid. Wong Islam kang padha mukir arsa ingsun tata. Jumeneng ingsun Ratu Islam Tanah Jawi” (Nama saya adalah Kanjeng Sultan Ngabdulkhamid, yang bertugas untuk menata orang Islam yang tidak setia, sebab saya adalah Ratu Islam Tanah Jawa). (Lihat, P. Swantoro, Dari Buku ke Buku, Sambung Menyambung Menjadi Satu, (2002)).
Kareel A Steenbrink menyebutkan, pemikiran dan kiprah Pangeran Diponegoro menarik para ulama, santri dan para penghulu merapat pada barisan perjuangannya.  Peter Carey dalam ceramahnya berjudul Kaum Santri dan Perang Jawa pada rombongan dosen IAIN pada tanggal 10 April 1979 di Universitas Oxford Inggris menyatakan keheranannya karena cukup banyak kyai dan santri yang menolong Diponegoro. Dalam naskah Jawa dan Belanda, Carey menemukan 108 kyai, 31 haji, 15 Syeikh, 12 penghulu yogyakarta dan 4 kyai guru yang turut berperang bersama Diponegoro.
Bagi sebagian kalangan,  ini cukup mengherankan. Sebab, pasca pembunuhan massal ulama dan santri oleh Sunan Amangkurat I tahun 1647, hubungan santri dengan kraton digambarkan sangat tidak harmonis. Namun Pangeran Diponegoro yang merupakan keturunan bangsawan dan ulama sekaligus, berhasil menyatukan kembali dua kubu tersebut.
Paduan motivasi agama dan sosial ekonomi ini menyebabkan Perang Diponegoro menjadi perang yang sangat menyita keuangan pemerintah kolonial bahkan hampir membangkrutkan negeri Belanda. Korban perang Diponegoro: orang Eropa 8.000 jiwa, orang pribumi yang di pihak Belanda 7.000 jiwa. Biaya perang 20 juta  gulden. Total orang jawa yang meninggal, baik rakyat jelata maupun pengikut Diponegoro 200.000 orang. Padahal total penduduk Hindia Belanda waktu itu baru tujuh juta orang, separuh penduduk Yogyakarta terbunuh.
Data ini menunjukkan,  dahsyatnya Perang Diponegoro dan besarnya dukungan rakyat terhadapnya. Oleh bangsa Indonesia, Pangeran Diponegoro yang dikenal dengan sorban dan jurbahnya, kemudian diakui sebagai salah satu Pahlawan Nasional, yang sangat besar jasanya bagi bangsa Indonesia. (***)


 
Tips Memilih Aksesoris Sesuai Bentuk Wajah Kamis, 15 Desember 2011 Tips Memilih Aksesoris Sesuai Bentuk Wajah inShare Langkah yang harus dilakukan pertama kali saat membeli aksesoris adalah menyesuaikannya dengan bentuk wajah. Mengapa? Karena aksesoris fungsinya adalah mempercantik tampilan, bila penggunaannya tepat maka Anda akan terlihat lebih cantik. Namun bila tidak, maka akan menjadi fashion disaster. Dan, Lauren Chang Sommer, managing director Moi Moi Fine Jewellery akan memberikan sedikit tips tentang memilih aksesoris sesuai bentuk wajah. Bentuk wajah oval Memiliki bentuk wajah oval adalah sebuah anugerah yang patut disyukuri karena menurut dunia fashion, bentuk wajah ini adalah yang paling sempurna dan mudah cocok dengan segala bentuk aksesoris. Anda hanya cukup menyesuaikan aksesoris dengan busana yang dikenakan, serta acara yang akan dikunjungi. Bentuk wajah persegi Bentuk wajah persegi, mirip seperti wajah Gwyneth Paltrow atau Julia Roberts. Di sini, Anda perlu memilih aksesoris yang dapat menjadi kamuflase dan memperhalus sisi wajah yang tajam. Kalung dengan desain menutup leher sangat cocok dikenakan apabila Anda memiliki leher jenjang. Sedangkan bila leher Anda tidak jenjang, U shape necklace sangat cocok. Sedangkan memilih anting-anting, sebaiknya Anda memilih yang pendek. Anting berbentuk panjang hanya akan menegaskan sisi-sisi tajam wajah Anda. Bentuk wajah bulat Mereka yang memiliki wajah berbentuk bulat, seperti Kirsten Dunst dan Christina Ricci. Cocok menggunakan kalung-kalung panjang, single maupun multiple yang akan memberikan kesan bentuk wajah yang lebih panjang. Untuk anting, hindari yang berbentuk kecil, karena justru akan membuat wajah Anda terlihat lebih lebar. Lebih baik memilih anting bulat, persegi, atau yang berbentuk panjang. Bentuk wajah hati Selebriti yang terkenal dengan wajah bentuk hati seperti misalnya Reese Witherspoon atau Liv Tyler. Dari bentuk wajahnya, mereka selalu terlihat menarik dan menggemaskan, namun ternyata kelebihan mereka ini cenderung menjadi kekurangan dalam memilih aksesoris. Bentuk V yang tajam pada dagu membuat wajah jadi terlihat kaku, sehingga perlu dibuat agar lebih halus. Anda bisa memilih kalung pendek dengan bentuk U dan hindari memilih kalung berukuran panjang. Memilih liontin kalung juga harus dipertimbangkan, agar tidak memilih liontin berukuran panjang dan tajam. Sedangkan untuk anting, pilih anting yang bentuknya melebar di bawah.

Read more http://www.infospesial.net/6162/tips-memilih-aksesoris-sesuai-bentuk-wajah/
Tips Memilih Aksesoris Sesuai Bentuk Wajah Kamis, 15 Desember 2011 Tips Memilih Aksesoris Sesuai Bentuk Wajah inShare Langkah yang harus dilakukan pertama kali saat membeli aksesoris adalah menyesuaikannya dengan bentuk wajah. Mengapa? Karena aksesoris fungsinya adalah mempercantik tampilan, bila penggunaannya tepat maka Anda akan terlihat lebih cantik. Namun bila tidak, maka akan menjadi fashion disaster. Dan, Lauren Chang Sommer, managing director Moi Moi Fine Jewellery akan memberikan sedikit tips tentang memilih aksesoris sesuai bentuk wajah. Bentuk wajah oval Memiliki bentuk wajah oval adalah sebuah anugerah yang patut disyukuri karena menurut dunia fashion, bentuk wajah ini adalah yang paling sempurna dan mudah cocok dengan segala bentuk aksesoris. Anda hanya cukup menyesuaikan aksesoris dengan busana yang dikenakan, serta acara yang akan dikunjungi. Bentuk wajah persegi Bentuk wajah persegi, mirip seperti wajah Gwyneth Paltrow atau Julia Roberts. Di sini, Anda perlu memilih aksesoris yang dapat menjadi kamuflase dan memperhalus sisi wajah yang tajam. Kalung dengan desain menutup leher sangat cocok dikenakan apabila Anda memiliki leher jenjang. Sedangkan bila leher Anda tidak jenjang, U shape necklace sangat cocok. Sedangkan memilih anting-anting, sebaiknya Anda memilih yang pendek. Anting berbentuk panjang hanya akan menegaskan sisi-sisi tajam wajah Anda. Bentuk wajah bulat Mereka yang memiliki wajah berbentuk bulat, seperti Kirsten Dunst dan Christina Ricci. Cocok menggunakan kalung-kalung panjang, single maupun multiple yang akan memberikan kesan bentuk wajah yang lebih panjang. Untuk anting, hindari yang berbentuk kecil, karena justru akan membuat wajah Anda terlihat lebih lebar. Lebih baik memilih anting bulat, persegi, atau yang berbentuk panjang. Bentuk wajah hati Selebriti yang terkenal dengan wajah bentuk hati seperti misalnya Reese Witherspoon atau Liv Tyler. Dari bentuk wajahnya, mereka selalu terlihat menarik dan menggemaskan, namun ternyata kelebihan mereka ini cenderung menjadi kekurangan dalam memilih aksesoris. Bentuk V yang tajam pada dagu membuat wajah jadi terlihat kaku, sehingga perlu dibuat agar lebih halus. Anda bisa memilih kalung pendek dengan bentuk U dan hindari memilih kalung berukuran panjang. Memilih liontin kalung juga harus dipertimbangkan, agar tidak memilih liontin berukuran panjang dan tajam. Sedangkan untuk anting, pilih anting yang bentuknya melebar di bawah.

Read more http://www.infospesial.net/6162/tips-memilih-aksesoris-sesuai-bentuk-wajah/

0 komentar:

Posting Komentar

Previous Post Next Post Back to Top