Sabtu, 19 Januari 2013

Manfaat Dan Cara Padu Pada Makanan

Seperti pakaian, makanan pun dapat dipadu-padankan agar bisa mendatangkan manfaat tertentu, seperti melangsingkan, detoks, sampai menghaluskan kulit.  Berikut tip memadukan jenis makanan tertentu untuk mendapatkan manfaat sesuai keinginan Anda.

Kulit mulus dan indah
Padu padannya: betakaroten dengan lemak. Betakaroten terdapat pada selada air,ubi jalar berwarna, brokoli, tomat dan asparagus. Sedangkan lemak terdapat pada margarin, cuka salad dan minyak zaitun.
Contoh hidangan: wortel rebus dengan olesan margarine atau minyak zaitun untuk menumis sayuran brokoli atau pokchoi.

Antioksidan yang terkandung dalam betakaroten membantu metralisir radikal bebas dalam tubuh, serta mengurangi kerusakan sel. Maka itu, asupan betakaroten membantu memelihara kulit tetap sehat dan bersinar, meningkatkan kekebalan tubuh serta memperbaiki daya penglihatan.

Tubuh langsing
Padu padannya: kacang dengan sayuran hijau.
Contoh hidangannya: kacang kenari atau almond dengan bayam, kangkung, sawi, dan lainnya.

Menurut ahli gizi India, Sheela Tanna, kacang kaya akan protein dan zat besi. Saat dicampur dengan sayuran hijau, vitamin C akan lebih efektif dan membantu penurunan berat badan. Makanan yang mengandung vitamin C juga memiliki sifat nutrisi yang larut dalam air, sehingga membuatnya berkalori sangat rendah. Selain itu kandungan zat besi dari kacang-kacangan juga akan lebih baik diserap tubuh, jika dikombinasikan dengan sayuran hijau.

Memperbaiki mood
Padu padannya: vitamin B6 dengan seng. Seng terdapat pada biji wijen, cumi, ikan, daging merah, dan kacang brazil. Sedangkan B6 terdapat pada beras merah, gandum, kacang hijau, pisang, ragi, dan alpukat.
Contoh hidangan: salad alpukat dengan taburan biji wijen atau beras merah dengan ikan.

Vitamin B6 tidak bisa bekerja dalam tubuh tanpa seng. Maka itu, untuk membantu penyerapan manfaat baik vitamin B, dianjurkan untuk mengombinasikan kedua jenis nutrisi ini.

Detoks
Padu padannya: tomat dengan minyak zaitun.
Tomat mengandung vitamin C dan antioksidan lycopene. Lycopene akan lebih baik diserap bila diasup bersama minyak zaitun. Kombinasi ini meningkatkan detoksifikasi dengan cara melarutkan batu empedu dan menghalau racun dengan membuangnya lewat feses dan urin.

Tulang kuat
Padu padannya: vitamin D dengan kalsium. Vitamin D terdapat pada ikan salmon, tuna, telur, kerang, mentega dan sarden. Sedangkan kalsium terdapat pada susu, keju, yogurt, sayuran berwarna hijau tua dan tuna.

Bila dikonsumsi sendirian kalsium tidak bisa membangun tulang yang kuat sebagaimana bila dimakan dengan vitamin D. Sedangkan vitamin D dalam tubuh kebanyakan diproduksi ketika kulit terpapar sinar matahari, meski dapat pula diperoleh dengan megonsumsi jenis makanan tertentu.

Awet muda
Padu padannya: salmon dengan kunyit.
Salmon merupakan jenis ikan yang rendah karbohidrat dan tinggi protein. Sedangkan kunyit memiliki sifat penyembuhan dan anti-inflamasi. Saat keduanya digabungkan, sifat asam lemak omega 3 dalam salmon akan lebih banyak sehingga bermanfaat dalam menjaga sistem saraf dan melawan efek penuaan. Kombinasi ini juga meningkatkan HDL (kolesterol baik) yang berfungsi menjaga jantung tetap sehat.

Mengusir kolesterol
Padu padannya: salmon dengan bawang putih.
Salmon yang memiliki asam lemak omega 3 yang melimpah sangat pas bila dikonsumsi dengan bawang putih. Kombinasi ini menjadi kekuatan dahsyat untuk menyingkirkan kolesterol nakal.

0 komentar:

Posting Komentar

Previous Post Next Post Back to Top